Search This Blog

Loading...

Wednesday, November 10, 2010

NATURAL DIET


Exercises and discussion                                                                                                    E3.01
 
Food and diet - exercises and discussion

1
Food 10g
Energy/kJ
Protein/g
Vitamin  A/µg
Vitamin C/µg
Vitamin D/µg
Egg
Cooking oil
Bread 
Butter
Milk
Sugar 
Cod 
Mackerel           
  66
377
101
312
  27
165
  29
  80
     1.2
     0
     0.96
     0.05
     0.3
     0
     1.6
     1.6
      30.0
        0
        0
    100
        4.4
        0
        0
        4.5
         0
         0
         0
         0
     100
         0
         0
         0
     0.15
     0
     0
     0.12
     0.005
     0
     0
     2.3

The table above gives some food values for 10 g portions of eight foods.
   (a) Use these figures to complete the table below for a breakfast. (Coffee has no food
         value.)

Menu
Mass/g
Energy/kJ
Protein/g
Vitamins
A, C or D
1 fried egg
65



+ cooking oil
6



1 slice bread
35



+ butter
5



1 cup coffee




+ milk
60



+ sugar
7



Totals





   (b) Assuming that you need 12000kJ per day, what proportion of your energy needs is
        provided by this breakfast?
   (c) We need about 0.6g protein per day for every kilogram of body mass. What proportion
         of your daily protein needs is provided by this breakfast? (If you do not know your body   
         mass, assume it is 50kg.)
   (d) How could you increase your intake of vitamin C at this meal without raising its
         energy content?                                                                                                                   (A)

2 Cod and other white fish contain about 0.05g fat per 10 g portion. Oily fish, such as
herring, pilchards, sardine and mackerel contain about l.4g fat (unsaturated) per 10g
portion. Use this information plus that in the table above to compare the nutritional value
of the two types of fish.                                                                                                                (A)

3 Boiled potato provides 33kJ energy per 10g portion. 10g chips provides 105kJ. 10g potato
crisps provides 220kJ. Why do you think there is such a difference in energy content?            (A)






Exercises and discussion                                                                                                E3.02
 
Food and diet - exercises (continued)

4
Food 100g
Protein/g
Vitamin C
     /µg
Vitamin A       
     /µg
Fibre/g
Iron/mg
Calcium/mg
Liver
Cornflakes
Milk
Potatoes
    27
     7.5
     3.3
     1.4

     10
      0
      1    
    10
    1700
          0
        50
          0
     0
    11
     0
     2
    7.5
    1.1
    0
    0.3
       0
       5
   120
       0

Which of these foods would you include in a diet in order to try and
   (a) prevent anaemia    (c) prevent constipation
   (b) promote growth    (d) increase resistance to disease.                                                            (I)

5 1g body fat is equivalent to about 32kJ energy. An hour’s walking uses about 1250kJ energy.
An overweight man decides to walk to work each day (15 min each way) and to reduce his daily food intake by an amount equivalent to 1000kJ. How much weight might he lose each week. (Assume he goes to work 5 days each week).                                                                               (I)

6  Read the following passage which is taken from an article, 'The well-nourished
vegetarian'. (An 'omnivorous' diet is one which includes meat as well as plant products.)         (C) 

   The third likely point of difference 'between vegetarian and omnivorous, diets is in the amount
   and type of fat in each. There are two main categories of fat in the diet: the triglycerides (most.
   fats are in this category) and cholesterol. Both these classes of fat are also found in the   
   blood. High levels of cholesterol in the blood are clearly related to a high incidence  
   of coronary heart disease (which is the biggest single cause of death among Western men) and
   the bulk of evidence suggests that the link is causative. A high intake of triglycerides can raise   
   blood cholesterol levels. But triglycerides are of two kinds, saturated and unsaturated; and it   
   seems that whereas the saturated fats do indeed raise blood cholesterol levels, unsaturated fats 
   (or, more specifically, the polyunsaturates, which are very unsaturated) reduce blood  
   cholesterol levels. In general, the fats of animals (hard fats) are highly, saturated, while the  
   oils of plants tend to be unsaturated.
   There are notable exceptions: coconut oil, for instance, is highly saturated; and so too are
   some of the cheap refined oils sold for cooking. But corn, soya, sunflower or safflower oils in 
   particular are highly unsaturated. So in general a vegetarian ought to eat less fat than an
   omnivore; ought to eat a higher proportion of polyunsaturates; and ought therefore to have 
   lower blood cholesterol and suffer fewer of the diseases associated with high blood
   cholesterol.
                                                                                                                          ©NEW SCIENTIST
According to the article:
   (a) What are the two main categories of dietary fat?
   (b) What does '. . . the bulk of evidence suggests that the link is causative.' mean?
   (c) What are the two types of triglyceride?
   (d) Which of these is associated with high blood cholesterol? .
   (e) Name a saturated fat (i) from an animal source, (ii) from a plant source.



Exercises and discussion                                                                                                       E3.03
 
Food and diet - exercises (continued)

7 The following figures give the fat content of 85g portions of food: mince (stewed) 14g, pork chop (grilled) 20g, chicken (roast) 12g, sausage (grilled) 21g, cod (fried in batter) 9g, hamburger (fried) 15g. Put these in the order to which they contribute to a healthy diet, starting with the most healthy.                                                                                                                                (A)                     

8 A sample of food was ground up with a little water, and separate samples of the resulting
pulp were tested with Benedict's solution, iodine and DCPIP. In each case, the resulting , mixture was blue. ,
What information does this give you about the food sample?                                                     (A)

9 A zoologist is trying find out whether rabbits need vitamin C in their diet. Assuming
that a sufficiently large number of rabbits is used and adequate controls are applied, the best design of experiment would be to give the rabbits:
   (a) an artificial diet of pure protein, carbohydrate, fats, minerals and vitamins but lacking
        vitamin C
   (b) an artificial diet as above but with extra vitamin C
   (c) a natural diet of grass, carrots etc. but with added vitamin C .
   (d) natural food but of one kind only, e.g. exclusively grass or exclusively carrots                 (E)

10 Six drops of lemon juice decolourised 1 cm3 DCPIP solution.
Nine drops of grapefruit juice decolourised 1 cm3 DCPIP solution.
Which juice contains more vitamin C?                                                                                         (1)
 
 

11 To find the energy value of sugar 1g of
sugar is burned in a crucible, the flame
produced is used to heat 100 g water in a
metal can and the rise in temperature of the
water measured. 
   The most likely source of error is
(a) inaccurate weighing of sugar
(b) incomplete combustion of the sugar
(c) inability to measure the temperature
     difference accurately enough
(d) heat from the burning sugar escaping
     without heating the water.              (E)

12 A piece of apple is crushed with water, boiled, cooled and tested with iodine solution. No blue colour appears. 
  The best interpretation of these results is
   (a) apples do not contain starch
   (b) this piece of apple contains no starch
   (c) the apple does contain starch but not enough to affect the iodine
   (d) the apple contains little or no starch.                                                                                    (I)





Exercises and discussion                                                                                                       E3.04
 
 
Food and diet - exercises (continued)

13 A project in Japan, between 1965 and 1981,
studied the diets and life-styles of 100,000 people,
Text Box: death rate per 10,000dividing them into categories according to their
smoking and drinking habits, whether they ate meat
 and had a daily intake of vegetables.
  By 1981, 30,000 of the sample had died
and the mortality rates for six of the groups are
shown in the chart.
Comment on the results with regard to
(a) smoking, (b) drinking, (c) eating meat
(d) eating vegetables each day. 
 

What other information about the trial would
you need before you could confidently interpret
the results?                                                      (1)

                        
                                                                                                  
                                                                                                                             © NEW SCIENTIST

Monday, November 8, 2010

Tips buat yang pengin kurusin badan

misal tinggi badan anda 160 cm dan berat badan 60 Kg. Untuk wanita, cara mudah menghitung berat badan maksimum yang ideal biasanya adalah :
{(tinggi badan)-100}x90%
= (160-100)x90%
= 54 kg
Jadi memang Anda tergolong sedikit di atas normal.

Yang perlu dilakukan agar bisa menurunkan berat badan, antara lain :

1. Memperhatikan jenis makanan - minuman yang dikonsumsi / perbaiki menu makan. Intinya semua makanan, selama memiliki kandungan gizi yang baik dan seimbang, adalah makanan yang baik. Makanan - minuman yang kita konsumsi bisa mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Karbohidrat, lemak dan protein akan mengalami metabolisme, dan akan jadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk aktivitasnya. Kalau berlebih maka karbohidrat akan disimpan dibawah jaringan kulit, bukan di jaringan otot, dalam bentuk glikogen, demikian juga dengan lemak dalam bentuk asam lemak dan kolesterol. Sedangkan protein, biasanya dalam bentuk asam amino, dan yang namanya asam amino tidak ada bentuk simpanannya, adapun hasil buangan lain, berupa gas dan bau. Maka, penting dalam usaha menurunkan berat badan, untuk membatasi makanan - minuman dengan kandungan karbohidrat dan lemak tinggi, sementara makanan - minuman berprotein tinggi dianjurkan, karena protein (asam amino) merupakan bahan penting dalam berjalannya proses metabolisme, apalagi metabolisme karbohidrat dan lemak.

Akan bagus juga kalau banyak memakan buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral yang juga penting bagi tubuh, bukan yang banyak mengandung karbohidrat dan lemak, seperti durian dan nangka. Buah-buahan memberikan sumbangan serat, dan serat sangat dibutuhkan untuk "mengikat" kelebihan lemak saat makan, oleh karena itu dianjurkan untuk mengkonsumsi serat setidaknya 8 gram sehari. Mangga termasuk buah yang kaya akan serat dan vitamin C, sehingga baik untuk dikonsumsi. Pisang, tinggi kadar vitamin C, namun juga tinggi karbohidratnya. Sedangkan semangka, lebih banyak kandungan air, tetapi kaya akan antioksidan. Sebaiknya Anda mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat, seperti pepaya, mangga, dan nanas dalam konsumsi sehari-hari.

2. Mengurangi porsi makan.
Tapi ingat, mengurangi porsi makannya harus perlahan dan bertahap, jangan langsung dikurangi sampai setengahnya, karena perubahan yang tiba-tiba ini malah akan membuat kita gampang merasa lapar dan bisa muncul keluhan lainnya, seperti pusing-pusing dan lemas. Itu yang tidak kita harapkan.

3. Minum air putih. Tahukah anda kalau tubuh manusia itu 70 - 80 %nya adalah air ? Jadi bisa dimengerti kenapa kita dianjurkan meminum air putih. Jika kadar air dalam tubuh kita dibawah nilai normalnya, maka kita akan mengalami dehidrasi. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk minum air putih sampai 6 - 8 gelas perharinya.

Air penting bagi kita sebagai katalisator metabolisme dalam tubuh, terutama metabolisme karbohidrat dan lemak. Dengan banyak minum air, maka diharapkan karbohidrat dan lemak yang ada pada makanan dan yang tertimbun dalam tubuh bisa termetabolisme cukup banyak dan penimbunannya berangsur berkurang.
Air juga penting sebagai pengencer. Darah kita itu selain mengandung sel-sel darah dan trombosit, juga mengandung senyawa lain, seperti nutrisi, hasil metabolisme dan absorpsi, yang akan didistribusikan sampai ke seluruh bagian tubuh untuk kebutuhannya. Dengan begitu, bisa dibayangkan bahwa darah kita pekat sekali dengan semua itu, akibatnya aliran darah jadi tidak optimal, kalau sudah begitu besar kemungkinannya ada yang malah bisa mengendap di dinding pembuluh darah, menyempitkan pembuluh darah itu sendiri, apa jadinya kalau pembuluh darah di organ penting yang menyempit.

4. Olah raga. Olah raga memang diakui bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Prinsipnya adalah pembakaran kalori dari timbunan karbohidrat dan lemak yang ada di tubuh. Olah raga dengan cukup intens pada beberapa bagian tubuh tertentu yang ada timbunan lemak dan karbohidrat, maka timbunan itu akan hilang, dan digantikan pembentukan jaringan otot. Kita semua tahu, kalau pembentukan jaringan otot lebih baik daripada jaringan lemak. Yang jelas olah raga harus dilakukan rutin, dan jangan memaksakan diri.

5. Disiplin Kalau anda ingin menurunkan berat badan, pertama kali anda harus tanamkan dalam diri anda sikap disiplin. Anda harus disiplin untuk melakukan apapun yang bisa membantu anda agar bisa menurunkan berat badan. Jika anda tidak bisa disiplin, maka anda tidak akan pernah berhasil mencapai apa yang anda inginkan.

Cara mengecilkan perut itu bisa dilakukan dengan olah raga yang dipusatkan pada otot perut. Tapi masalah pada yang namanya sit-up, yang kita tahu saat gerakan mengangkat bagian tubuh atas, intensitas otot yang ditimbulkannya malah lebih berpusat pada otot punggung dan pinggul, anda pasti merasakan itu. Bisa anda coba gerakan setengah sit-up, maksud kami, lakukan seperti saat melakukan sit-up biasa, tapi ketika anda mengangkat bagian tubuh atas, angkat hanya sampai kira-kira 45 derajat dari lantai. Kalau anda merasakan otot perut anda yang tegang saat melakukan itu, maka anda sudah benar melakukannya. Akan lebih baik lagi jika Anda mengunjungi pusat kebugaran dan minta bantuan para trainer untuk mengajarkan Anda cara mengolah perut yang baik dan efektif.

Sedot lemak tidak hanya bisa mengecilkan perut, bisa untuk menyedot lemak di seluruh bagian tubuh yang kita inginkan. Memang prosedur ini telah menjadi pilihan beberapa orang untuk mendapatkan tubuh langsing dengan cara yang cepat. Biaya yang dibutuhkan untuk prosedur ini pun tidak sedikit, dan prosedur ini dinilai cukup beresiko. Selain itu efeknya pun tidak tahan lama, terutama jika Anda malas olahraga. Anda harus tetap menunjangnya dengan olahraga teratur supaya efeknya lebih bertahan.

Ada cara lain lagi untuk menjadi langsing ataupun mengecilkan perut, selain dengan mengatur pola / menu makan / diet, olah raga dan sedot lemak, seperti :
- mandi sauna => prinsip: mengaktifkan suhu tubuh, sehingga sistem metabolisme tubuh ikut meningkat dan membakar timbunan lemak - karbohidrat yang sudah ada dalam tubuh.
- cara akupuntur => prinsip: menekan syaraf lapar.
- hipnotis => prinsip: mengubah kebiasaan dan pola makan.
- bahkan ada juga cara yang disebut operasi bypass - pengurangan lambung => prinsip: mengurangi ukuran lambung, sehingga makanan yang dimakan tidak banyak dicerna dan cepat masuk proses pembuangan.

Cara manapun yang mau anda pilih, anda harus pikirkan baik-baik dan dikonsultasikan lebih lanjut pada masing-masing ahlinya. Kami di sini cuma bisa memberi ide.


sumber: media sehat

Tips Cara Gemukin Badan

Tips Cara Gemukin Badan Sehat Alami. Pengen punya badan gemuk dan berisi, susah nyari cara buat gemukin badan, sering di ejek karna badan kurus? Kamu mesti merubah tubuh kamu jadi gemukan lagi deh, mau tau tips sehat gemukin badan?
Cara Bikin Badan Gemuk
Cara Bikin Badan Gemuk
Punya badan kurus emang sering bikin kita gak pEdE, macem-2 aja julukannya, mulai dari papan berjalan, kaki nyamuk, cacingan, cungkring, begeng de es be dah, yang semuanya cuma bikin kita minder pengen gantung diri. lho?? maksudnya pengen gemukin badan lah..
Nah, buat kamu2 yang pengen gendut utawa gemuk, langsung aja jalankan tips sehat gemukin badan secara alami berikut :
1. Tambah Porsi Makan
Tambah porsi makan kamu pelan-2 [jangan langsung se abreg, soalnya perut kamu butuh penyesuaian]. Resep ini terbukti paling ampuh buat nambah berat badan. Tapi tentu aja kamu harus mempertimbangkan kemampuan pencernaan kamu, jangan sampe diluar batas pencernaan yah..
2. Makan 6x Sehari
Coba kamu makan minimal 5x sehari. Pagi jam 9, siang jam 11, trus jam 2. Sorenya makan lagi sekitar jam 5, trus malamnya jam 7. Kalo masih mampu dan masih melek, makan lagi sekitar jam 10. Kedengerannya emang serem en rada edan, tapi selama makanan kamu sehat dan porsinya sesuai, trik ini bisa bikin timbangan naik drastis.
3. Istirahat Cukup
Percuma makannya banyak kalo tubuh kamu gak dapat istirahat yang cukup. Jadi, atur pola tidur yang sehat, minimal 8 jam sehari. Kalopun kurang dari 8 jam sehari, kamu bisa nyur2 waktu disela2 kesibukan untuk istirahat bentar. Pokonya bikin tubuh kamu selalu dalam keadaan nyaman.
4. Olahraga
Olahraga sangat penting buat proses pembentukan tubuh kamu dan menjaga metabolisme. Jadi, kalo kamu pengen gemuk, lakukan olahraga secara teratur.. Fokusin olahraga untuk pembentukan massa otot, seperti fitnes atau body language. Ini yang bikin tubuh kamu lebih berisi dan berbentuk
5. 4 Sehat 5 Sempurna
Selain ngatur porsi dan intensitas makanan, jenis makannya juga harus diperhatikan. Jangan sembarangan memilih makanan. Cari yang sesuai menu 4 Sehat 5 Sempurna. Apalagi dalam rangka gemukin badan, susu penting banget loh, kamu boleh minum susu 4x sehari, terutama susu murni.
6. Suplemen Tambahan
Gak ada salahnya tambahin konsumsi kamu dengan suplemen makanan, peningkat nafsu makan ato vitamin2 lainnya yang bisa memelihara kesehatan tubuh kamu.
7. Ngemil
Ngemil terbukti ampuh dan cepet naikin berat badan. So, kalo kamu pengen gemukin badan dengan cepat, ayo biasain budaya ngemil. Bawa cemilan kemana2, terutama coklat.
8. Madu dan Minyak Ikan
Untuk nambah nafsu makan secara natural, kamu bisa mengonsumsi madu ato minyak ikan. Selain berfungsi menjaga fitalitas tubuh, madu & minyak ikan juga nambah nafsu makan loh..
9. Banyak Minum Air Putih
Minum air putih emang kedengerannya gak nyambung. Tapi, jangan nganggap remeh dulu. Air putih itu sangat berperan buat menjaga kesehatan tubuh kita loh. Dengan minum air putih tubuh kita sehat dan bikin pencernaan lancar. Kalo pencernaan udah lancar otomatis program gemukin badan kita bisa cepat berhasil.
****
Sembari ngikutin tips gemukin diatas, kamu juga mesti hindari hal-hal berikut : :
1. Stres
Stres adalah hal paling utama yang bikin berat badan turun. Selain itu, stres juga diyakini dunia kedokteran sebagai penyebab berbagai macam penyakit. So, kalo kamu pengen gemuk dan sehat, jauhin stres yah..
2. Kecapean
Kecapean juga bisa bikin berat badan susah naik. Makan sebanyak apapun gak bakal ngaruh kalo tubuh kita diforsir terus tanpa istirahat yang cukup. Jadi mulai sekarang, perhatiin bahasa tubuh kamu sendiri. Jangan maksain tubuh kamu diluar batas kemampuan.
3. Minum Soda
Soda bikin perut cepat berasa penuh Kalo perut udah kerasa penuh, otomatis kita jadi gak laper lagi kan? Jadi sebaiknya jangn minum minuman yang mengandung soda, apalagi sebelum makan.
4. Abis Makan Langsung Minum
Abis makan sebaiknya jangan langsung minum air. Tunggu beberapa saat [misal 25 menit] baru minum air. Trik ini bikin kamu bisa makan banyak dan perut tetep langsing.
Nah itulah tips cara gemukin badan sehat alami dan beberapa hal yang musti kamu hindari, dijamin kamu bakal gemuk dah, tpi jangan sampe kegemukan yah. Sekarang kamu bisa lebih pEdE dengan badan yang sehat dan berisi.